Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara (Gorut) optimistis program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) memiliki andil besar dalam mendukung upaya pemerintah menekan angka kemiskinan di Provinsi Gorontalo.

"Olehnya, program ini tidak perlu dipersoalkan apalagi mencuatkan narasi-narasi yang dipolitisir dan dapat berdampak pada rasa kekhawatiran masyarakat miskin jika BSPS dibatalkan," kata Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara Roni Imran di Gorontalo, Sabtu.

Selaku wakil rakyat di kabupaten itu, katanya, DPRD ikut memperjuangkan aspirasi masyarakat melalui program hunian layak.

"Kami pun mengusulkannya, juga mengawalnya langsung untuk dapat memastikan agar program ini terwujud dan dinikmati masyarakat miskin tanpa kendala," katanya.

Oleh karena itu, kata Roni, seluruh pemangku kepentingan, termasuk di level DPRD provinsi hingga pusat, agar fokus mendukung pemerintah dalam merealisasikan program bantuan perumahan layak huni melalui BSPS tersebut.

"Kita tidak perlu mempersoalkan bantuan ini, sebab tujuannya adalah benar-benar untuk kepentingan rakyat dan upaya mengentaskan kemiskinan, khususnya di Gorontalo. Apalagi rakyat sangat menginginkan bantuan ini," kata dia.

Sama halnya dengan yang diperjuangkan Anggota DPR Rachmat Gobel di tingkat pusat. Terkait program BSPS yang dikucurkan di daerah ini, difokuskan untuk mengintervensi masyarakat miskin tanpa memilih warna dukungan politik.

"Setiap masyarakat yang memerlukan tentu akan menjadi prioritas, dan Rachmat Gobel memperjuangkannya dengan berkeadilan," katanya.

Apalagi di tengah pandemi COVID-19, masyarakat wajib diintervensi dengan program-program yang menguntungkan dan membangkitkan perekonomian keluarga.

Hal itu, termasuk para santri dan tenaga kesehatan untuk menempati rumah susun yang juga diperjuangkan Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel untuk direalisasikan di Gorontalo, termasuk di Gorontalo Utara.

"Puluhan tahun kita berjuang menurunkan angka kemiskinan di Gorontalo, sehingga diharapkan pemerintah dan wakil rakyat dapat bekerja sama dan kompak untuk menurunkan dan mengentaskannya, termasuk mendukung kinerja pihak Balai Penyedia Perumahan untuk merealisasikan program ini sesuai target pemerintah," katanya.

 
Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel ikut meninjau rumah calon penerima bantuan BSPS di Provinsi Gorontalo. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021