Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan Search and Rescue (SAR) di Gorontalo dengan meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak terkait.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Operasi SAR Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Rasman pada rapat koordinasi SAR Daerah Gorontalo di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan, Gorontalo adalah salah satu wilayah yang rawan akan bencana. Kecelakaan dan bencana di Indonesia terus meningkat dari tahun ketahun dengan jumlah korban jiwa yang cukup banyak. Banyak kecelakaan terjadi karena kurangnya pengetahuan dan antisipasi masyarakat tentang potensi terjadinya kecelakaan.

"Diharapkan bersama-bersama mampu untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan agar tidak terjadi korban jiwa dalam setiap terjadinya kecelakaan," ujarnya.

Hal itu menurutnya, dilakukan dengan mengedepankan pola Quik Response Search and Rescue yaitu kecepatan dalam memberikan pencarian dan pertolongan serta mitigasi bencana, sehingga dapat mengurangi tingkat resiko pada suatu kecelakaan atau bencana. 

Ia menegaskan tantangan ke depan penanganan pencarian dan pertolongan akan semakin berat. Masyarakat semakin kritis akan tuntutan keselamatan khususnya kepada petugas SAR, namun disatu sisi kewaspadaan masyarakat terhadap potensi kecelakaan juga masi kurang. 

"Hal inilah yang mendasari perlunya dilaksanakan evaluasi setiap saat lewat Rapat Koordinasi antara Basarnas dengan seluruh Potensi SAR agar dapat mengetahui apa yang menjadi kekurangan selama ini," kata diam lagi.

Hasil dari pembahasan bisa menjadi patokan apakah diperlukan perbaikan dan diharapkan dapat menemukan formulasi yang tepat agar mampu melaksanakan dan mewujudkan misi, khususnya bagi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yaitu menyelamatkan jiwa manusia. 

"Basarnas juga senantiasa berupaya meningkatkan kapasitas SDM aparatur dan masyarakat melalui pembinaan dan peningkatan kemampuan SDM maupun peralatan yang dibutuhkan, selain itu juga melaksanakan pelatihan potensi SAR diseluruh wilayah Republik Indonesia," pungkasnya. 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021