Gubernur Gorontalo Rusli Habibie meminta warganya yang positif COVID-19, untuk memperketat isolasi mandiri yang dijalankan selama terpapar virus tersebut.

"Sebenarnya saya sendiri masih kurang yakin dengan isolasi mandiri ini, karena tidak ada jaminan yang bersangkutan benar-benar menjalani isolasi, siapa yang mengawasi dan sebagainya," kata Rusli di Gorontalo, Rabu.

Jika kesulitan untuk isolasi mandiri di rumah, ia meminta warga menjalani isolasi di fasilitas yang telah disediakan Pemprov Gorontalo sejak awal pandemi.

Pemprov menyediakan dua tempat isolasi mandiri yakni Hotel Eljie dan Mess Haji di Kota Gorontalo.

"Mess Haji kami siapkan apabila ada lonjakan pasien COVID-19, fasilitasnya sudah kami persiapkan," tambahnya.

Gubernur mengaku sudah menyampaikan masalah isolasi mandiri tersebut, saat melakukan video konferensi bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi pada siang tadi.

Selain itu, pertemuan virtual dengan menkes itu juga membahas tentang vaksinasi dan insentif tenaga kesehatan di Kota Gorontalo yang belum semuanya terbayarkan.

Terkait pencegahan penularan COVID-19, gubernur mengaku sudah menempuh berbagai upaya untuk menggalang warga segera menjalani vaksinasi.

"Kami mensyaratkan ASN untuk membawa lansia vaksin, mensyaratkan vaksin kepada penerima bantuan, kami gelar vaksinasi khusus sopir ojek online dan bentor, ini semua karena kami ingin pandemi segera teratasi," ujarnya.
 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021