Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Thariq Modanggu, mengapresiasi keberhasilan percepatan serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2021.
 
"Sejauh ini realisasi fisik dan keuangan pemerintah daerah terus membaik," kata Wabup, Senin, pada rapat koordinasi dan evaluasi (rakorev) pembangunan triwulan II Tahun Anggaran 2021.

"Saya pun sangat mengapresiasi sistem penyajian yang dilakukan pihak Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah," katanya.

Termasuk mengapresiasi capaian realisasi fisik dan keuangan hingga kabupaten itu yang sebelumnya ada di peringkat terbawah di Provinsi Gorontalo.

"Kini telah berhasil menempati posisi ketiga," katanya pula.

Kerja keras itu ditunjang oleh kinerja para Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) yang prestasinya berhasil melampaui target.

Terkait permasalahan pada serapan anggaran secara umum kata dia, seperti berkaitan dengan ketentuan-ketentuan teknis misalnya pengadaan barang, standar dan syarat yang harus dipenuhi diharapkan mulai diinovasikan agar teratasi sebelum tahun anggaran berjalan.

Yaitu sejak awal perencanaan, tidak hanya merencanakan pelaksanaan kegiatan saja, namun ikut merencanakan kendala-kendala yang kemungkinan dihadapi dalam proses pengadaan.

Contohnya, kegiatan fisik agar perencanaan dokumennya telah disusun pada 1 tahun sebelumnya, agar tender dapat dilakukan mulai awal tahun.

Jika itu diterapkan kata Thariq, maka kualitas pekerjaan pun terjamin.

"Jika kita baru memulainya di awal tahun, Januari hingga April masih melakukan perencanaan dokumen, dapat dibayangkan waktu yang sempit dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan. Dampaknya pun mempengaruhi kualitas pekerjaan," katanya lagi.

Olehnya, perbaikan sistem dimulai dari pelaksanaan rapat evaluasi melalui inovasi pengumpulan catatan penting terkait bahan rakorev agar telah disusun oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebelum rapat dimulai.

"Sehingga saat rapat, sudah langsung ditayangkan. Kita dapat mengefisienkan waktu untuk membahas hal-hal yang perlu dikoordinasikan lebih jauh. Maka hemat waktu dan lebih efektif dalam pelaksanaan rapat khususnya di masa pandemi COVID-19," katanya pula.***
Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu, memimpin Rakorev Pembangunan Triwulan II APBD Tahun Anggaran 2021. (ANTARA/HO)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021