Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta pemerintah setempat meningkatkan koordinasi dengan pemerintah provinsi untuk mencegah kekosongan stok vaksin COVID-19 di daerah itu.

"Pemkab khususnya Dinas Kesehatan selaku instansi teknis bertanggung jawab perlu intensif memastikan stok vaksin untuk daerah ini aman. Khususnya bagi penerima vaksinasi dosis pertama," kata Ketua DPRD setempat, Djafar Ismail di Gorontalo, Sabtu.

Tujuannya agar pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah ini berlangsung aman dan lancar serta kendala-kendala yang memungkinkan menghambat pencapaian target vaksinasi dapat diantisipasi sedini mungkin.

Dinas Kesehatan pun diharapkan sigap mengecek kesiapan dan kecukupan dosis vaksin.

Koordinasi dengan pemerintah provinsi pun perlu diperkuat untuk pemenuhan stok yang diperlukan.

DPRD kata dia, terus mendukung serbuan vaksinasi COVID-19 dalam upaya mewujudkan terbentuknya kekebalan tubuh untuk kesehatan bersama.

Termasuk mendukung kinerja seluruh tenaga kesehatan di daerah ini.

Diantaranya, memastikan hak-hak tenaga kesehatan terbayarkan tepat waktu sebagai salah satu pemacu semangat pelayanan yang diberikan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan setempat, Rizal Yusuf Kune mengatakan, stok vaksin yang dimiliki saat ini sebanyak 13 ribu dosis.

Pemanfaatannya sementara bergulir di seluruh Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menjadi lokasi utama pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah ini.

"Kita masih menggunakan vaksin Sinovac yang didistribusi oleh pemerintah provinsi melalui Dinas Kesehatan," katanya pula. 

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021