Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, mendata sebanyak 1.071 ekor hewan kurban sapi dan kambing layak disembelih pada Idul Adha 1442 Hijriah tahun 2021.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone Bolango, Roswaty Agus di Gorontalo, Selasa, mengatakan data hewan kurban tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2020.

Ia menyebutkan data hewan kurban pada tahun 2020 lalu berjumlah 1.013 ekor yang terdiri dari 965 ekor sapi dan 48 ekor kambing.

“Sementara data untuk tahun ini jumlah hewan kurban yang dilaporkan ke Dinas Pertanian dan Peternakan berjumlah 1.071 ekor yang terdiri dari 1.050 ekor sapi dan 21 ekor kambing,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Alwin Kasim mengatakan sejak tanggal 19 Juni pihaknya telah melakukan pemantauan dan pemeriksaan hewan kurban.

“Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyakit berbahaya yang ada pada hewan yang akan dikurbankan," ungkapnya.

Ia mengungkapkan jika hingga saat ini pihaknya tidak menemukan adanya penyakit berbahaya pada hewan yang dikurbankan.

“Kami melakukan pemantauan dan pemeriksaan saat pemotongan hewan kurban dan mengambil sampel di titik-titik penyembelihan,” pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021