Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengapresiasi pelatihan potensi SAR 2021 Vehicle Accident Rescue (VAR) yang digelar oleh Basarnas Gorontalo di Kabupaten Gorontalo,Provinsi Gorontalo.

"Pemerintah merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini, sebab wilayah Indonesia banyak terjadi bencana alam maupun non alam," ujar Nelson di Gorontalo, Jumat.

Ia menjelaskan, berbagai bencana dapat terjadi di daerah itu, termasuk bencana kecelakaan di darat, laut maupun udara.

“Kabupaten Gorontalo memiliki wilayah sangat luas, maka sangat dibutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dengan kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo,” ucap Nelson.

Dirinya juga mengapresiasi kegiatan itu sebab tidak hanya diselenggarakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, namun kolaborasi seluruh pihak baik TNI dan Polri.

“Pelatihan seperti ini akan terus berkelanjutan di Kabupaten Gorontalo," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Gorontalo, I Made Junetra mengatakan kegiatan ini untuk mensinergikan potensi SAR yang ada di Provinsi Gorontalo, khususnya di Kabupaten Gorontalo.

“Pelatihan ini sangat penting mengingat kemampuan personil yang masih terbatas. Ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka ini yang menjadi garda terdepan,” kata I Made.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 50 orang terdiri dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan, BPBD dan Satpol-PP hingga organisasi pemuda.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021