Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo tahun 2021 mulai menjalani pemusatan latihan di tengah pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sebelumnya, delapan anggota Paskibraka Kabupaten Bone Bolango tersebut mengikuti rapid test antigen dan dinyatakan negatif.

Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, di Gorontalo, Selasa, meminta agar para Paskibra yang mengikuti pemusatan latihan agar fokus dalam kegiatan itu.

"Paling penting adalah disiplin dalam menjalani latihan dan dapat menjaga kesehatan masing-masing di masa pandemi saat ini, dengan tetap menjalankan prosedur protokol kesehatan COVID-19 yang ketat," ujar Wabup Merlan Uloli

Merlan juga berharap seluruh anggota Paskibra Bone Bolango mampu memberikan yang terbaik selama latihan dan pada saat menjalankan tugasnya pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2021 nanti. 

Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum berakhir menjadikan latihan yang dilalui oleh para anggota Paskibra 2021 terasa berbeda. Mulai dari jumlah anggota yang berkurang hingga aktivitas pelatihan yang harus berdisiplin tinggi terhadap protokol kesehatan untuk keselamatan dan kenyamanan bersama. 

Jumlah anggota Paskibraka pada tahun ini juga dibatasi menjadi delapan orang dari tahun-tahun yang sebelumnya berjumlah 32 orang.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bone Bolango, Muhamad Yamin Abbas menyebutkan delapan anggota Paskibra itu merupakan siswa-siswi SMA sederajat perwakilan dari empat wilayah daerah pemilihan (Dapil).

Yakni Dapil Kabila, Tapa-Bulango, Suwawa, dan Bone Pesisir. Mereka terdiri dari tiga Paskibra putra dan lima Paskibra putri. Masing-masing berasal dari SMA Negeri 1 Kabila dua orang, SMA Terpadu WIRA Bhakti Gorontalo dua orang, SMK Negeri 1 Bulango Utara satu orang, SMA Negeri 1 Bonepantai satu orang, dan SMK Model Gorontalo satu orang, dan SMA Negeri 1 Suwawa satu orang.

Untuk memastikan kesehatan para anggota Paskibra ini, lanjut Yamin, setiap hari petugas medis selalu bersiaga di lokasi pelaksanaan pemusatan latihan. Latihannya dilaksanakan di Lapangan Alun-Alun Bone Bolango dan Halaman Kantor Bupati Bone Bolango.

"Sedangkan anak-anak anggota Paskibraka ini, kita karantina di Mess PGRI Bone Bolango kompleks Lapangan Alun-Alun Bone Bolango," ungkap Yamin Abbas.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021