Peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, menjadi momentum mengajarkan anak tentang penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) mencegah penularan COVID-19 di daerah itu.

Hal itu diungkap Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, di Gorontalo, Selasa, terkait penjelasannya tentang adanya atraksi marching band oleh pelajar Sekolah Dasar Negeri pada peringatan upacara detik-detik proklamasi tingkat kabupaten setempat.

"Mereka (peserta marching band) menerapkan prokes. Memakai masker dan menjaga jarak," katanya.

Kondisi itu pun kata dia, menjadi sarana mengedukasi anak-anak untuk mengetahui apa itu pandemi COVID-19, termasuk disiplin prokes dan bagaimana menerapkannya.

"Makanya para anak peserta marching band dari SD Negeri 8 Gorontalo Utara, saat tampil didampingi para orang tua," katanya pula.

Ia memastikan atraksi itu terlaksana sesuai prokes dalam upaya mencegah penularan COVID-19.

Upacara HUT ke-76 RI di daerah itu, dilaksanakan di halaman kantor bupati, dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Peserta upacara termasuk yang duduk di panggung utama, diwajibkan memakai masker dan sarung tangan.

Bupati Indra bertindak sebagai inspektur upacara pada Upacara penaikan dan penurunan bendera, serta Wakil Ketua I DPRD Roni Imran sebagai pembaca teks proklamasi.
 
Atraksi marching band pada peringatan HUT ke-76 tingkat Kabupaten Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021