Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengajak seluruh kepala sekolah, guru, dan siswa untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19 guna mendukung program pemerintah menangani pandemi virus corona jenis baru itu di daerah setempat.

"Melalui sekolah dan peran para guru, program vaksinasi akan terlaksana dengan maksimal sehingga menekan dampak dari penularan COVID-19," katanya di Gorontalo, Rabu.

Ia mengungkapkan hingga saat ini tingkat penularan COVID-19 di Gorontalo masih tinggi, sehingga pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

"Kami belum mengizinkan belajar tatap muka karena angka kematian akibat COVID masih tinggi. Meskipun angka kesembuhan juga tinggi," katanya.

Ia menjelaskan pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga pengajar dan siswa usia 12 hingga 17 tahun telah diinstruksikan oleh pemerintah pusat.

Hal itu juga telah ditindaklanjuti melalui Dinas Pendidikan Provinsi Gorontalo.

Rusli berharap, semua guru dan murid segera divaksinasi sebanyak dua kali.

"Pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia sekolah untuk mempercepat proses belajar tatap muka, karena vaksinasi bagi siswa dan guru menjadi salah satu syarat sekolah bisa dibuka kembali," tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman mengatakan jadwal vaksinasi minggu ini dilakukan di Gedung Bele Li Mbui Kota Gorontalo setiap Senin, Rabu, dan Kamis pukul 09.00 Wita hingga selesai.

"Warga juga dapat mendatangi seluruh puskesmas setiap Senin hingga Sabtu, untuk mendapatkan vaksinasi. Lokasi lainnya ada di Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo pada hari Senin sampai Jumat pukul 09.00 Wita," ujarnya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021