Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Kepolisian Resor (Polres) Gorontalo, Kabupaten Gorontalo menyiapkan sebanyak 900 personil untuk membantu pengamanan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2015 di daerah itu.

"Untuk pengamanan Pilkada, Polres Gorontalo telah menyiapkan petugas pengamanan sebanyak 900 personil yang berasal dari berbagai kesatuan di institusi kepolisian kami," kata Kapolres Limboto Kabupaten Gorontalo AKBP Heri  Rio Prasetyo Selasa.

Ia mengatakan, sebanyak 900 personil itu adalah gabungan anggota Polres Gorontalo dan beberapa anggota Polda Gorontalo, yang terdiri dari Badan Intelijen Keamanan, Badan Reserse Kriminal, Badan Pemeliharaan Keamanan, Korps Brigade Mobil (Brimob), Korps Lalu Lintas dan Biro Operasi Polri dan lain-lain.

Secara internal pihaknya sudah melakukan simulasi sistem pengamanan Pilkada Kabupaten Gorontalo serta telah menggelar apel pasukan pengamanan "Operasi Mantap Praja 2015", pada 21 Agustus 2015 yang Operasi tersebut nanti akan berakhir setelah ada pelantikan kepala daerah terpilih.

Kapolres menjelaskan bahwa Kabupaten Gorontalo merupakan wilayah terluas di Provinsi Gorontalo dengan jumlah pemilih mencapai 279.000 wajib pilih yang tersebar di 19 Kecamatan dan 205 Desa.

Untuk saat ini pihaknya telah menempatkan 17 personil anggota Polri untuk pengamana kantor dan gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo hingga dua bulan kedepan.

Sesuai rencana, untuk pengamanan Pilkada Kabupaten Gorontalo pihaknya akan menempatkan 715 personil untuk mengamankan jalannya proses pemungutan suara di 715 Tempat Pemungutan Suara ((TPS).

Sementara 185 personil lainnya sebagian untuk pengamanan kantor KPU dan sebagiannya lagi akan disebar di kantor-kantor sekretariat panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk mengawal tahapan rekapitulasi dan rapat pleno tingkat kecamatan.

Selanjutnya, setelah pleno tingkat Kecamatan, ke 900 personil tersebut nantinya akan di tarik ke Polres Gorontalo untuk mempersipkan pengamanan pada proses rekapitulasi dan rapat pleno penetapan kepala daerah terpilih dalam Pilkada Kabupaten Gorontalo tahun 2015.

"Dengan adanya antisipasi pengaman dari personil Polres Gorontalo dan bantuan Polda Gorontalo serta partisipasi masyarakat dan pendukung pasangan calon, mudah-mudahan Pilkada Kabupaten Gorontalo akan bejalan aman dan sukses sesuai harapan," pungkasnya.

Pewarta: Fadli

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015