Pemprov Gorontalo mencanangkan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil di Rumah Sakit Ibu dan Anak Siti Khadijah Kota Gorontalo, Sabtu.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan vaksinasi bagi ibu hamil mengacu pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.01/I/2007/2021.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dari total sasaran vaksinasi sebanyak 938.409 orang, ada 7.326 orang di antaranya adalah ibu hamil.

"Jumlah yang sudah divaksin dosis satu baru 29 orang, jadi capaiannya baru masih 0,001 persen. Ini yang menjadi perhatian kami," kata dia.

Wagub menekankan perlunya upaya bersama seluruh pihak terkait, untuk mempercepat dan memprioritaskan vaksinasi untuk ibu hamil mengingat rentan terpapar COVID-19.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menunjukkan, hingga saat ini jumlah ibu hamil yang terpapar COVID-19 sebanyak 35 orang dan tiga orang di antaranya meninggal dunia.

"Vaksinasi ini adalah ikhtiar kita dalam melindungi dan menyelamatkan masyarakat, termasuk ibu hamil dari COVID-19," imbuhnya.

Menurutnya, petugas kesehatan perlu mendampingi untuk meyakinkan ibu hamil yang masih takut untuk mengikuti vaksinasi.

Ia berharap warga yang masih takut untuk vaksin karena menerima informasi negatif, juga dapat mengimbanginya dengan informasi positif dari para dokter maupun pakar kesehatan.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021