Realisasi vaksinasi COVID-19 di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meningkat dalam kurun waktu dua pekan terakhir hingga mencapai 46,35 persen.

"Alhamdulillah, peningkatan itu berhasil memposisikan daerah ini di urutan ketiga tingkat provinsi Gorontalo. Targetnya, pada pekan terakhir bulan September berada di urutan kedua untuk mendukung pencapaian target nasional," kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, di Gorontalo, Senin.

Evaluasi bersama pemerintah provinsi telah dilakukan, dan target pencapaian 1 persen per hari pun terus dioptimalkan.

Agar realisasi pada bulan Oktober nanti mampu melampaui target provinsi sebesar 80 persen. "Kita menargetkan mampu mencapai 86 persen hingga akhir Oktober nanti," katanya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pun berharap, capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama dapat seimbang dengan capaian dosis kedua, agar pelaksanaan dosis ketiga segera direalisasikan.

Namun ia menegaskan, di tengah upaya pencapaian target pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah itu, kesehatan dan stamina para tenaga kesehatan tetap diprioritaskan.

Sehingga Gebyar Vaksinasi yang dilakukan selama 7 hari berturut-turut, mulai saat ini tidak lagi dilaksanakan di hari Minggu.

"Kita memberi kesempatan pada para tenaga kesehatan khususnya petugas vaksinator untuk beristirahat di setiap hari Minggu. Namun target 1 persen per hari terus dioptimalkan," katanya lagi.

Sehingga seluruh camat hingga kepala desa, diminta terus menggaungkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang digelar setiap hari.

Targetnya, 100 orang per hari di setiap kecamatan mendapatkan vaksinasi COVID-19 tersebar di 11 kecamatan.

Artinya, ada 1.100 orang per hari menerima vaksin tersebut, sehingga target 1 persen per hari dapat terwujud.

"Saya mengimbau, seluruh masyarakat khususnya sasaran vaksinasi ini dapat memanfaatkan seluruh gerai vaksinasi yang disiapkan pemerintah di seluruh kecamatan," katanya pula.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021