Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengapresiasi program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, di Desa Tabongo Timur, Kecamatan Tabongo, Provinsi Gorontalo.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas KPU, karena satu inovasi yang berbasis desa,” ungkapnya, Selasa.

Nelson mengatakan, desa merupakan unit terkecil arena politik, sosial, ekonomi dan budaya. Lingkungan sosial di desa, kata dia, memiliki nilai-nilai kekeluargaan, gotong-royong dan musyawarah. 

"Karena desa yang mandiri dan rasional akan memberi dampak pada kehidupan yang lebih luas," ucapnya.

Menurutnya, dari desa tumbuh nilai-nilai kekeluargaan, gotong-royong dan musyawarah. Jika desa sudah mandiri dan rasional maka akan berdampak pada tingkatan yang lebih luas.

Program DP3 tersebut, kata Nelson, adalah salah satu program dalam pendidikan pemilih untuk mendorong masyarakat pemilih yang mandiri, cerdas, bertanggungjawab dan tumbuh kesadaran berpartisipasi aktif pada Pemilu 2024 mendatang.

Maka dengan hadirnya program DP3 di desa, Bupati Nelson berharap pengembangan demokrasi di Kabupaten Gorontalo makin berkualitas, sehingga bisa melahirkan pemimpin-pemimpin yang akan berkiprah di daerah maupun Nasional.

"Tujuan dari pada pelaksanaan DP3 adalah melahirkan pemimpin yang amanah dimulai dari tingkat desa, kabupaten, provinsi dan nasional, baik dieksekutif maupun legislatif," pungkasnya.
 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021