Sebanyak 105 pengendara kendaraan bermotor terjaring pada hari pertama Operasi Patuh Otanaha 2021 di Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Senin.

Seluruh pengendara yang terjaring Operasi Patuh Otanaha adalah warga yang tidak mengenakan masker serta belum divaksin COVID-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Gorontalo, AKBP Arief Budiman di Gorontalo, mengatakan pihaknya lebih memprioritaskan kegiatan vaksinasi.

"Namun kami tetap harus mengedepankan tindakan humanis dahulu lalu ajakan vaksinasi," ujarnya.

Ia mengimbau, jangan sampai pelaksanaan operasi tidak sesuai ketentuan sehingga mengakibatkan ketidaknyamanan yang berujung kericuhan. Sebab, tujuan operasi ialah kepentingan bersama.

Sementara itu, Kabag Bin Ops Direktorat Lalu Lintas Polda Gorontalo AKBP Gatot Sudibyo mengatakan selain pelanggaran lalu lintas, petugas turut memeriksa apakah pengendara telah divaksin atau belum dan jika belum maka diarahkan ke gerai vaksin yang telah disediakan.

"Tindakan hukum yang dikedepankan ialah persuasif dan humanis dengan orientasi mendisiplinkan masyarakat untuk protokol kesehatan dan vakisnasi serta menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas " pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021