Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI (Litbangkes Kemenkes) mengapresiasi unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Gorontalo, yang berperan aktif dalam mensukseskan vaksinasi COVID-19.

Koordinator KS Perencanaan dan Manajemen Penelitian Litbangkes Kemenkes, Nirmala Ahmad Ma’ruf, menilai vaksinasi yang digerakkan semua pemangku kepentingan sangat penting agar program vaksinasi di daerah bisa menyentuh semua masyarakat.

“Saya melihat Gorontalo ini luar biasa dalam hal koordinasi, konsolidasi antar forkopimda sangat kuat sekali. Peningkatan vaksinasi ini sangat penting karena kita berkompetisi dengan varian virus yang baru muncul,” kata Nirmala saat meninjau Gebyar Vaksinasi yang digelar Kejaksaan Tinggi Gorontalo di halaman kantor, Selasa.

Pihaknya berharap kasus positif baru di Gorontalo bisa ditekan melalui vaksinasi, sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas normal dan ekonomi daerah pulih.

“Positivity rate kita di nasional tiga persen. Saya dapat laporan Gorontalo berada di angka satu persen. Ini harus kita jaga semua,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Gorontalo Risal Nurul Fitri mengatakan Gebyar Vaksinasi Kejati ini sebagai bentuk komitmennya untuk mensukseskan vaksinasi di daerah.

Kegiatan itu akan digelar selama dua hari dan menargetkan 1.000 warga tervaksinasi.

Pelaksanaan vaksinasi di lokasi tersebut, diatur agar tidak berkerumun.

Setiap meja tahapan vaksinasi dipisah mulai dari pendaftaran, skrining, penyuntikan dan observasi.

Setiap warga yang selesai disuntik akan mendapatkan makanan siap santap dan voucher untuk ditukar dengan beras lima kilogram.

“Kami berharap vaksinasi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat. Kita bersama-sama dengan pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten, kota berupaya meningkatkan presentase vaksinasi. TNI dan Polri sudah melakukan dan kejaksaan hari ini ambil bagian,” ujarnya.

Gebyar vaksinasi di Kejati Gorontalo melibatkan berbagai unsur mulai dari Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, TNI dan Polri.

Para pimpinan forkopimda yang hadir diantaranya Kapolda Gorontalo Irjenpol Akhmad Wiyagus, Danrem 133 Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim, Danlanal Letkol Laut (P) Homa Sugama, Ketua Pengadilan Tinggi Nugroho Setiadji serta sejumlah pimpinan instansi vertikal.

Hadir juga Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.
 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021