Aksi donor darah massal yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-76 tahun 2021, berhasil mengumpulkan 76 kantong darah.

Kepala Markas PMI Bone Bolango, Usman Yunus, Sabtu, mengatakan aksi donor darah itu melibatkan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), tenaga non ASN, para relawan donor darah sukarela, dan masyarakat umum, pada Jumat (24/9), di Center Point.

Sebanyak 76 kantong darah yang berhasil dikumpulkan dari pelaksanaan donor darah massal kali ini, terdiri dari golongan darah A sebanyak 16 kantong, golongan darah B sebanyak 24 kantong, golongan darah O sebanyak 26 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 10 kantong.

"Alhamdulillah di HUT PMI ke-76, kami dari PMI Bone Bolango melaksanakan kegiatan donor darah sukarela. Ini hal yang unik, di HUT PMI ke-76, kita bisa mengumpulkan 76 kantong darah," ujar Usman Yunus dan mengungkapkan jumlah kantong darah yang dikumpulkan kali ini merupakan yang terbanyak selama pelaksanaan kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PMI Bone Bolango.

Selama ini, kata Usman Yunus, pihaknya melaksanakan donor darah hanya mampu mengumpulkan paling banyak 50-an kantong darah dan paling rendah itu 10 kantong darah. Ia menambahkan kegiatan donor darah kali ini, dilaksanakan dalam rangka untuk membantu menanggulangi kekurangan dan ketersediaan stok darah di UTD PMI Bone Bolango.

"Sebenarnya jumlah kantong darah yang bisa kita kumpulkan pada donor darah kali ini diperkirakan lebih dari 100 kantong darah. Namun, karena masih kurangnya SDM di UTD PMI Bone Bolango dan fasilitas lainnya, seperti kursi tempat donor darah, sehingga para pendonor atau relawan yang lainnya memilih pulang lebih awal, karena lamanya mengantre," ujarnya.

Usman berharap ke depan ini menjadi perhatian semua. Insya Allah ke depan SDM UTD PMI Bone Bolango semakin banyak, dan peralatan kursi donor juga terus dilengkapi.

"Paling penting ke depan juga adalah pengadaan mobil unit donor darah," ujarnya.*

 

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021