Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim,  mengatakan sebanyak 13 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemprov yang melampaui target fisik dan keuangan pada triwulan III tahun 2021.

"OPD dengan realisasi fisik tertinggi diraih oleh Inspektorat sebesar 98,5 persen dari target 97,13 persen. Sedangkan untuk realisasi keuangan tertinggi dicapai oleh Dinas Pangan sebesar 93,33 persen, dengan target 89,03 persen," kata Idris Rahim, di Gorontalo, Rabu.

Sementara untuk 20 OPD lainnya, sebagian sudah mencapai target fisik namun untuk keuangan masih rendah, serta sebagian lagi realisasi keduanya masih di bawah target.

“Target fisik kita secara keseluruhan untuk Triwulan III sebesar 71,77 persen, capaiannya sudah melampaui target yakni sebesar 77,92 persen. Sedangkan target keuangan 69,09 persen, realisasinya masih di bawah sebesar 64,85 persen,” kata Idris pada rapat koordinasi dan evaluasi penyerapan anggaran di Kota Gorontalo, Kamis.

Idris menjelaskan belanja daerah Provinsi Gorontalo tahun anggaran 2021, diupayakan untuk mendukung penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi.

Ia berharap, pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemprov Gorontalo dan kabupaten/kota telah sesuai dengan sasaran yang telah ditargetkan melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

“Sekarang sudah pertengahan bulan Oktober, kurang dari dua bulan lagi kita akan mengakhiri tahun anggaran ini. Oleh karena itu saya minta seluruh program harus diselesaikan tepat waktu, berkualitas, dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” tukasnya

Berdasarkan data e-Monep Biro Pengendalian Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Gorontalo, capaian fisik tertinggi diraih oleh Kabupaten Gorontalo Utara sebesar 71,26 persen.

Sedangkan realisasi keuangan tertinggi dicapai oleh Kabupaten Pohuwato sebesar 60,95 persen.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021