Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo mengapresiasi antusiasme warga mengikuti vaksinasi guna mewujudkan kekebalan komunal dari penularan COVID-19 di daerah itu.

Anggota Komisi II DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail, di Gorontalo, Rabu, menilai warga memiliki kesadaran yang baik dengan datang ke gerai vaksinasi COVID-19 yang disiapkan pemerintah daerah untuk mendapatkan vaksin.

Artinya, kata dia, warga telah memiliki pengetahuan tentang pentingnya vaksinasi COVID-19 dalam membentuk kekebalan tubuh terhadap virus corona baru itu.

Ia mengatakan sebelumnya program vaksinasi mendapatkan penolakan warga secara ekstrem karena banyaknya hoaks, namun saat ini orang mulai datang ke tempat vaksinasi dan bersedia divaksin dengan kesadaran sendiri.

Tandanya, kata Gustam, vaksin COVID-19 telah berubah menjadi kebutuhan dalam membentuk kesehatan tubuh sendiri, keluarga, dan masyarakat dari penularan virus itu.

DPRD Kabupaten Gorontalo Utara mengapresiasi upaya pemerintah daerah dalam menggencarkan program vaksinasi COVID-19.

Setiap hari, gerai vaksinasi membuka pelayanan bagi berbagai kalangan masyarakat di seluruh kecamatan di Gorontalo Utara.

"Ini upaya yang sangat maksimal, mengingat kecepatan vaksinasi di daerah ini terbukti menjadikannya di urutan kedua persentase capaian vaksinasi di Provinsi Gorontalo. Ini pun sebuah prestasi dalam upaya mendukung capaian target nasional terhadap cakupan vaksinasi COVID-19," kata dia.

Dari capaian vaksinasi 48,98 persen dari total sasaran pada 16 September 2021 daerah ini, bertambah menjadi 72,70 persen pada 19 Oktober 2021.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan secara optimal masalah kesehatan dan kesejahteraan seluruh tenaga medis dalam pelayanan vaksinasi dan penanganan virus.

"Pastikan seluruh tenaga medis segera mendapatkan vaksinasi dosis ketiga serta percepat pembayaran insentif mereka, sebab kinerja mereka sangat luar biasa dalam mendukung capaian vaksinasi COVID-19 di daerah ini," kata dia.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021