Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo terus mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

"Stok vaksin sangat tersedia. Makanya gerakan mempercepat vaksinasi dalam upaya meningkatkan capaian orang yang telah divaksin di daerah ini terus dioptimalkan," kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin di Gorontalo, Minggu.

Data Satuan Tugas COVID-19 kabupaten menyebutkan stok vaksin Sinovac untuk daerah itu tersedia 1.420 vial atau 14.200 dosis.

Vaksin Moderna 508 vial atau 7.126 dosis, Coronavac 650 vial atau 1.300 dosis dan Pfizer 390 vial atau 2.340 dosis.

Total vaksin keseluruhan 2.969 vial, berada di instalasi farmasi kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Gorontalo Utara.

Kecukupan stok vaksin tersebut kata Bupati Indra, sangat menunjang upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi untuk seluruh kalangan di daerah itu, tersebar di 11 kecamatan. Baik untuk pelajar, lanjut usia (lansia) dan masyarakat umum termasuk tenaga kesehatan.

Setiap dua minggu atau jika stok vaksin menipis, pihak Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, akan langsung mendistribusikannya.

"Satgas COVID-19 pun melalui Dinas Kesehatan kabupaten, akan mendistribusikannya di seluruh gerai atau Puskesmas untuk keperluan pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung setiap hari," katanya.

Oleh karena itu masyarakat dipastikan tidak akan sulit mendapatkan pelayanan vaksinasi COVID-19.

"Kami berharap capaian untuk 1 November 2021 dapat terealisasi 80 persen sesuai target untuk 99.908 sasaran vaksinasi COVID-19," katanya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021