Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 di Grand Sumber Ria Kota Gorontalo, Jumat.

Peringatan HKN ke-57 tersebut mengambil tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”, yang digelar dengan berbagai kegiatan seperti peluncuran data eliminasi tuberkulosis dan pelayanan vaksinasi COVID-19.

Selain itu panitia juga menyalurkan bantuan bahan pokok dan pakaian layak pakai kepada korban bencana alam, serta seminar kesehatan COVID-19.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan peringatan HKN seharusnya menumbuhkan semangat dalam menanggulangi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Menurutnya, pemprov masih memprioritaskan penanganan pandemi COVID-19 dengan maksimal, agar Gorontalo bangkit dan perekonomian membaik.

“Pada awal pandemi COVID-19 tahun 2020, pertumbuhan ekonomi kita terpuruk dan terkontraksi sebesar -2,97 persen. Ini berlangsung terus hingga triwulan satu tahun 2021 dan mulai membaik pada triwulan kedua. Semoga dengan penanganan COVID-19 yang kita lakukan bersama dan saling bahu membahu, pandemi akan berakhir,” ujarnya.

Ia mengungkapkan banyak keberhasilan yang telah dicapai dalam pembangunan di bidang kesehatan.

Meski demikian masih banyak pula pekerjaan yang belum teratasi misalnya penanganan angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi, kasus gizi buruk, dan kekerdilan (stunting).

“Peringatan HKN ini harus menjadi momentum bagi kita semua, untuk menangani permasalahan kesehatan dan pandemi COVID-19 secara komprehensif,” ucapnya.

Pada puncak peringatan HKN ke-57 itu, Wagub juga menyerahkan berbagai penghargaan kepada tenaga kesehatan, Forkopimda, dan relawan lintas sektor yang telah mendukung pelaksanaan program kesehatan.*

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021