Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Jumlah pemilih yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo untuk mengikuti pilkada serentak 9 Desember 2015 mencapai 96.065 orang.

"Setelah KPU menggelar rapat pleno penetapan DPT, diperoleh jumlah pemilih Kabupaten Pohuwato sebanyak 96.065 orang," kata Ketua KPU Pohuwato Mirnawati Modanggu, Sabtu.

Dia menjelaskan, jumlah ini terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 48.598 orang, sementara perempuan sebanyak 47.467 pemilih, dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah 228 buah.

Jumlah DPT ini sedikit mengalami kenaikan dari jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pohuwato yang ditetapkan beberapa waktu lalu hanya 95.980 pemilih.

"Jumlah pemilih ini tersebar di 13 Kecamatan dan 104 Desa yang ada di Kabupaten Pohuwato," kata Mirnawati.

Jumlah pemilih ini berpotensi untuk berkurang dan bertambah sebelum pelaksanaan pilkada 9 Desember nanti, di mana bisa saja bertambah karena adanya pemilih pemula.

KPU Pohuwato sendiri rencananya pekan depan baru akan melakukan sosialisasi bagi pemilih pemula, di sekolah seperti SMA, SMK dan Madrasah Aliya, terkait dengan tata cara pemilihan serta penggunaan hak pilih itu sendiri.

Sebelumnya KPU Pohuwato telah menetapkan dua pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang akan bertarung pada pilkada 2015, yaitu pasangan Syarif Mbuinga-Amin Haras yang diusung koalisi tujuh Partai Politik yaitu PDI-P, PAN, PPP, PKB, Partai Demokrat, PKS, dan Hanura.

Kemudian pasangan calon selanjutnya adalah Mulyadi Panigoro-Syarwan La Duhu, yang diusung Gerindra dan PBB.

Pewarta: Farid

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015