Serbuan vaksinasi masyarakat maritim Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII Manado dan jajaran digelar di beberapa daerah wilayah kerja, termasuk Provinsi Gorontalo.

Lanal Gorontalo dengan menyiapkan empat orang vaksinator dan beberapa pendukung telah memberikan vaksin kepada 219 orang, di antaranya 135 orang menerima dosis pertama dan 84 orang dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac dan Moderna.

Kegiatan tersebut digelar di Serambi Masjid Raudhatul Jannah Kota Gorontalo, Kecamatan Dungingi, dengan empat orang vaksinator dari BP Gorontalo dan lima pendukung dari Lanal.

"Sebanyak 396 orang berhasil diberikan dosis pertama maupun dosis kedua dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac dan Astrazeneca oleh Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) jajaran Lantamal VIII, baik di Gorontalo, Sulut dan Sulteng," kata Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut (KH) Samuel Pontoh, di Manado. 

Ia mengatakan Lanal Tahuna juga menggelar serbuan vaksinasi masyarakat maritim di Kampung Biru, Kecamatan Tabukan Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Pada kegiatan itu berhasil memberikan vaksin kepada 110 orang diantaranya 19 orang dosis pertama dan 91 orang menerima dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac, Astrazeneca dan Moderna.

 Kemudian bertempat di Balai Desa Kapas Kecamatan Dakopamean Kabupaten Tolitoli, Lanal Tolitoli melaksanakan serbuan vaksinasi kepada 64 orang di antaranya 55 orang menerima dosis pertama dan 9 orang dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac.

Kemudian di Diskes Lantamal VIII memberikan vaksin kepada tiga orang diantaranya dosis pertama satu orang dan dua orang dosis kedua dengan jenis vaksin Sinovac.

"Kegiatan vaksinasi itu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan sampai dengan selesai pelaksanaan vaksinasi tidak ditemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi," kata Samuel Pontoh,. .

Komandan Lantamal VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya mengatakan serbuan vaksinasi maritim Lantamal VIII dan jajaran yang dilaksanakan tersebut merupakan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, untuk membantu pemerintah dalam program vaksinasi COVID-19 di Tanah Air.

"Mengimbau kepada masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dimanapun serta makan makanan yang bergizi minum vitamin untuk dapat meningkatkan imun demi kesehatan pribadi, keluarga dan masyarakat," katanya.

Pewarta: Jorie MR Darondo

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021