Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM, menyalurkan bantuan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di 5 kecamatan.

Bantuan tersebut, kata Bupati Indra Yasin, di Gorontalo, Jumat, bervariasi berupa lapak, tenda, dan uang tunai sebesar Rp1,2 juta.

"Bantuan akhir tahun ini diharapkan memacu semangat para pelaku UMKM untuk lebih giat berusaha meski pandemi COVID-19 masih melanda," kata Bupati Indra.

Meski belum semua pelaku UMKM menerima bantuan tersebut, namun ke depan ia berharap  bantuan serupa sudah dapat menjangkau 11 kecamatan.

Kali ini, kata dia, sebagian penerima difokuskan kepada pedagang makanan atau kuliner yang akan menempati lokasi usaha di Puncak Pontolo Indah, Kecamatan Kwandang.

Para pedagang disiapkan tempat khusus untuk menggelar dagangannya di lokasi yang didesain menjadi titik singgah bagi pelintas Sulawesi yang akan masuk dan keluar wilayah ini, melalui perbatasan antara kabupaten tersebut dengan Kabupaten Gorontalo.

Kawasan Puncak Pontolo Indah memiliki prospek yang bagus sebagai lokasi wisata kuliner, sehingga pemkab, kata bupati, berencana menempatkan pos perbatasan yang akan dijaga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Dinas Perhubungan.

Selain untuk pengamanan di wilayah perbatasan, juga untuk mendukung lokasi tersebut agar menjadi tempat singgah yang representatif, sebab ikut menyiapkan kuliner yang dijajakan para pelaku UMKM.

"Saya berpesan pedagang yang menempati lokasi ini dapat fokus menjalankan usahanya, menjaga kebersihan dan higienitas makanan yang disajikan, serta menerapkan layanan ramah lingkungan," katanya lagi.

Dari Puncak Pontolo Indah, masyarakat atau pengunjung pun dapat menikmati keindahan alam Gorontalo Utara.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2021