Gorontalo,   (ANTARA GORONTALO) - Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meminta pemerintah Kabupaten Boalemo menyusun kalender wisata, yang terintegrasi dengan destinasi wisata di kabupaten dan provinsi lainnya.

" Misalnya jadwal festival di Boalemo bisa diatur agar bisa menyesuaikan dengan kalender wisata di Bunaken di Sulawesi Utara dan Togean di Sulawesi Tengah," ujarnya saat peringatan HUT Kabupaten Boalemo.

Menurutnya, mewujudkan Boalemo sebagai destinasi wisata dunia harus didukung oleh ketersediaan infrastruktur yang memadai, serta kesiapan pemerintah daerah mengelola obyek wisata.

" Saya optimis, jika semua ini dilaksanakan secara bersinergi dan terpadu, pasti akan banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini," lanjut Idris.

Wagub juga menambahkan, pembangunan sektor pariwisata harus dilakukan seiring dengan pembangunan sektor-sektor lainnya, seperti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Destinasi wisata di Boalemo diharapkan akan menjadi industri wisata yang membuka lapangan pekerjaan serta pasar baru, misalnya bagi pelaku industri kecil dan rumahan yang selama ini masih kesulitan memasarkan produknya.

" Libatkan pembuat kue ataupun makanan khas Gorontalo, pengrajin produk-produk khas daerah seperti karawo dan kopiah karanji. Mereka bisa menjual produknya dan wisatawan punya pilihan untuk membawa pulang oleh-oleh. Pengelolaan wisata sederhana namun menguntungkan masyarakat," tambahnya.

Sebagai kabupaten yang menyajikan bentang alam seperti pantai, pulau dan hutan bakau sebagai obyek wisata, lanjutnya, maka Pemda Boalemo harus menjaga kelestarian lingkungan dengan lebih ketat.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015