Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melakukan silaturahmi kepada Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey pada awal tahun 2022.

Kedatangan Rusli bersama rombongan diterima Olly di gedung Bumi Beringin Manado, Selasa.

Gubernur Rusli didampingi Wakil Gubernur Idris Rahim, Sekdaprov Gorontalo, Danrem 133/NWB, Kabinda Gorontalo, Wakapolda Gorontalo, Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, perwakilan Dalanal serta Dansatrad 224 Kwandang. 

Sementara Gubernur Olly didampingi Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Kapolda Sulut, Pangdam XII Merdeka, serta perwakilan bupati dan walikota.

Rusli mengatakan pertemuan tersebut bermaksud untuk mempererat hubungan kedua daerah yang telah terjalin baik selama ini.

Apalagi dalam sejarahnya, Gorontalo merupakan ‘adik kandung’ Provinsi Sulut, sebelum kemudian dimekarkan di tahun 2000 sebagai daerah otonom yang baru.

"Senang sekali rasanya disambut begitu hangat oleh pak Gubernur Olly bersama jajaran Forkopimda di sini. Memang kita Gorontalo dengan Sulut sudah dipisahkan secara administrasi, tapi tali persaudaraan, kekeluargaan, kekompakan serta keakraban kita usahakan tetap terjaga,” kata Rusli.

Salah satu bukti kekompakan Gorontalo dan Sulut, kata dia, adalah kesepakatan memperketat penjagan di masing-masing perbatasan daerah saat PSBB di masa pandemi COVID-19.

“Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Gorontalo tidak bisa dipisahkan karena ada ikatan di antara kita. Contohnya kita masih punya Bank yang sama SULUT-GO torang pe Bank dan kami bersyukur banyak akan hal itu,” kata Gubernur Olly.

Menurutnya kedatangan Rusli bersama Forkopimda menjadi tamu istimewanya di tahun baru ini. 

Ia gembira telah terjalin komunikasi yang baik sampai hari ini, sehingga masyarakat di kedua daerah tersebut hidup berdampingan dan rukun.

"Tentunya harapan inilah yang akan didorong terus dalam rangka mensejahterakan masyarakat Sulut dan Gorontalo," imbuhnya.

Acara silahturahmi dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata dari Gubernur Rusli ke Gubernur Olly, begitu pula sebaliknya.

 

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022