Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Provinsi Gorontalo berhasil meloloskan tiga atlet Wushu untuk berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat.

Pelatih cabang olaharaga Wushu Provinsi Gorontalo Aleks Olii, Selasa mengatakan bahwa pada ajang Pra PON lalu kontingen Provinsi Gorontalo memperlihatkan prestasi yang gemilanG dengan meloloskan tiga atletnya untuk berlaga ke PON 2016 di Jabar.

Prestasi yang diraih tersebut memperlihatkan bahwa olahraga bela diri di Gorontalo mengalami peningkatan yang siginifikan, kata Aleks.

Dia menjelaskan, Provinsi Gorontalo sudah yang ketiga kalinya ikut ambil bagian pada pekan olahraga nasional tersebut, namun baru kali ini berhasil meloloskan atlet Wushu untuk berlaga pada ajang bergengsi secara nasional.

"Kami yakin dengan prestasi yang diraih di pra pon, maka tiga atlet Gorontalo akan bisa mempersembahkan medali di PON nanti," ucap Aleks.

Menurut dia,meskipun baru untuk pertama kali lolos pada PON, namun tekad serta semangat atlet untuk meraih medali sangat besar, apalagi ajang ini untuk memperlihatkan bahwa Gorontalo dalam cabang olahrga Wushu sudah harus diperhitungkan oleh daerah lain.

Mantan Ketua KONI Provinsi Gorontalo Marten Taha mengatakan, selain cabang olahraga Wushu, kontingen Gorontalo juga berhasil meloloskan atlet Kemponya ke PON nanti dan tidak menutup kemungkinan Karate, Tinju, Silat dan cabang bela diri lainnya akan lolos.

"Kami yakni atlet bela diri dari Gorontalo dapat memperlihatkan prestasi yang gemilang di ajang nasional," Kata Marten.

Dia mengakui memang saat ini dukungan dana menjadi salah satu kendala cabang olahraga, selain itu fasilitas tepat latihan yang kurang memadai, sehingga perlu dukungan semua pihak terutama masyarakat dan swasta.

Jika seluruh komponen mendukung keberadaan cabang olahraga di Gorontalo, maka prestasi yang diraih oleh atlet akan semakin baik dan bisa mengharumkan nama daerah, kata Marten.

Pewarta: M.F. Said

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015