Kementerian Keuangan mengucurkan anggaran dana desa senilai Rp1,08 triliun untuk Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun ini.

"Dana desa tersebut akan dialokasikan untuk 1.507 desa dan kelurahan di 12 kabupaten dan kota di Sulut," sebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Jemmy Kumendong di Manado, Rabu.

Sebanyak 12 kabupaten dan kota yang akan mendapatkan alokasi dana desa tersebut yaitu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kotamobagu.

Dari alokasi anggaran sebesar Rp1,08 triliun lebih tersebut, Kabupaten Bolaang Mongondow mendapatkan kucuran terbanyak yaitu Rp149 miliar lebih, Kabupaten Minahasa (Rp160,97 miliar lebih) dan Kabupaten Minahasa Selatan (Rp126,52 miliar lebih).

Tahun lalu, alokasi dana desa untuk 12 kabupaten dan kota sebesar Rp1,22 triliun atau lebih banyak bila dibandingkan tahun ini.

"Serapan anggaran pada tahun lalu hampir 100 persen atau sebesar 99,84 persen, ada lima kabupaten dan kota yang capaiannya 100 persen," jelasnya.

Kelima kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kota Kotamobagu.

"Fokus alokasi anggarannya sesuai dengan Perpres Nomor 104 Tahun 2021 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022," jelasnya.

Pewarta: Karel Alexander Polakitan

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022