Gorontalo, (ANTARAGORONTALO) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango memastikan telah dimulainya proses pencetakan surat suara Pilkada 9 Desember 2015, di salah satu perusahaan percetakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Proses pencetakanya telah dimulai, jika tidak ada kendala dan diperkirakan pada malamnya semua surat suara telah selesai dicetak," kata anggota KPU Bone Bolango membidangi/divisi logistik, Idris Usuli belum lama ini.

Adapun jumlah surat suara yang dicetak sesuai dengan banyaknya Daftar Pemilih Tetap (DPT) Bone Bolango 108.159 ditambah dengan 2,5 persen menjadi 110.989 lembar surat suara.

Guna memastikan proses pencetakan surat suara berjalan sesuai standar operasional KPU, tentang pedoman pengawasan surat suara pilkada 2015.

Sebelumnya telah ditandatangani persetujuan oleh semua pihak dan proses pencetakanya pun diawasi langsung Panwaslu dan pihak Polres Bone Bolango.

"Selain surat suara, kami juga sementara mempersiapkan sejumlah logistik diantaranya formulir, sampul, hologram dan kebutuhan lainya," ucap Idris.

Dijelaskan bahwa terkait dengan pengiriman logistik tersebut dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan ke Gorontalo, akan dikawal langsung pihak Kepolisian, jika tidak ada kendala pihaknya menargetkan logistik tersebut tanggal 4 November telah tiba di KPU setempat.

Terkait dengan penyortiran serta pelipatan surat suara, KPU telah menyiapkan tim dan memastikan tidak ada surat suara yang rusak yang terdistribusi ke Tempat Pemungutas Suara (TPS).

"Jika ditemukan ada surat suara yang dianggap rusak, KPU akan meminta penggantian surat suara tersebut," ungkapnya.

Pihaknya berharap paling lambat tanggal 5 Desember 2015, semua kebutuhan logistik pilkada serentak 2015 telah siap untuk diditribusikan, khusus untuk wilayah terpencil lainya, KPU akan mendistribusikanya lebih awal.  

Pewarta: Farid Dihuma

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015