Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengatakan peningkatan sarana prasarana Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) memanfaatkan dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) harus dapat mengoptimalkan pendapatan.

"Manajemen rumah sakit harus maksimal, penyiapan ruangan, listrik, sumber daya dan bahan habis pakai maupun seluruh keperluan penunjang pelayanan harus dapat dipersiapkan dengan baik," kata Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy Sandra Maryana Datau, di Gorontalo, Minggu.

Hal itu penting kata dia, mengingat dana PEN sesungguhnya merupakan amanah rakyat yang harus dikelola dengan baik.

"Kita tidak hanya meminjam untuk dimanfaatkan namun wajib mengembalikan. Olehnya alokasi anggaran mencapai miliaran rupiah bersumber dari dana PEN untuk peningkatan RSUD Zainal Umar Sidiki harus menjelma menjadi sumber pendapatan bagi daerah," katanya.

Pengadaan alat kesehatan seperti CT Scan diakuinya juga diperlukan untuk mendiagnosa penyakit.

Dengan begitu masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik di RSUD yang dimiliki sehingga tidak perlu ke rumah sakit lain di luar daerah.

Juga gedung perawatan yang akan ditambah, agar dapat memenuhi layanan seperti yang selama ini diaspirasikan masyarakat.

"Jangan sampai alat tersedia juga gedung perawatan bertambah namun pemanfaatan tidak maksimal," katanya.

RSUD Zainal Umar Sidiki harus menjadi pilihan utama masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Keberadaan rumah sakit harus menjadi kebanggaan masyarakat sehingga pemerintah daerah sebagai pemilik harus melakukan pengelolaan terbaik.

Fasilitas yang disiapkan tidak hanya untuk orang sakit saja namun untuk memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah ini.

Mengingat PEN akan menjadi beban pemerintah daerah maka pengelolaannya harus berdampak signifikan.

Diakuinya tidak elok mengharapkan pendapatan dari orang sakit namun keberadaan rumah sakit adalah untuk memberi pelayanan terbaik. Hasilnya pun untuk meningkatkan pelayanan sesuai harapan masyarakat.

"Saya berharap rumah sakit yang kita miliki ini akan menjelma menjadi rumah sakit terbaik sesuai yang dicita-citakan sehingga tidak ada lagi keluhan masyarakat harus berobat jauh keluar daerah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik," imbuhnya.

RSUD Zainal Umar Sidiki tambahnya, ke depan harus dimaksimalkan untuk menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) unggulan.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022