Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Untuk memperkuat kelembagaan pariwisata, Dinas Perhubungan Pariwisata Komunikasi dan Informatika (Dishubparkominfo) Provinsi Gorontalo menggelar "pembinaan kader wisata" yang diikuti sebanyak 70 kepala desa wisata, Jumat.

Jumlah kelompok sadar wisata yang ikut dalam pembinaan kader wisata tersebut yaitu empat belas kelompok sadar wisata yang tersebar di delapan daya tarik wisata unggulan di Provinsi Gorontalo.

Kepala Dishubparkominfo Provinsi Gorontalo, Jamal Ngandro, mengatakan, pembinaan kader wisata provinsi Gorontalo 2015 merupakan salah satu wahana dalam rangka membuka wawasan hal-hal yang berkaitan dengan kepariwisataan dan harapan pemerintah daerah kepada para peserta.

Kegiatan penguatan kelembagaan pariwisata melalui pembinaan kader wisata provinsi Gorontalo tahun 2015 tersebut adalah salah satu wujud perharian pemerintah daerah dalam meningkatkan kepedulian dan pembinaan kepada kelompok sadar wisata dalam memajukan sumber daya manusia (SDM) pariwisata di provinsi Gorontalo.

Menurutnya, sebagai gambaran pariwisata di Provinsi Gorontalo saat ini mengalami kenaikan baik wisatawan mancanegara maupun domestik.

"Kunjungan Wisatawan mancanegara maupun domestik mengalami peningkatan, pada tahun 2013 wisatawan mancanegara berjumlah 1.682 orang dan wisatawan domestik 163.254 orang dan pada tahun 2014 wisatawan mancanegara berjumlah 6.791 dan domestik 350.008.

Jamal juga mengatakan, hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan "Festival Boalemo" dan "Sail Tomini 2015", peningkatan dukungan sarana seperti akomodasi sejumlah hotel, restoran dan rumah makan serta biro perjalanan wisata dan obyek wisata serta daya tarik wisata unggulan yang telah mengalami peningkatan.

"Hal ini tentu berkat dukungan dari pemerintah pusat melalui kementerian Pekerjaan Umum (PU), Kementrian Peikanan dan Kelautan serta Kementrian Pariwisata serta alokasi anggaran pengembangan destinasi melalui dana APBN baik yang ada di Provinsi maupun kabupaten kota.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2015