Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim meluncurkan Program Gorontalo Digital yang digagas Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Gorontalo, di Kota Gorontalo, Selasa.

Wagub mengatakan Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo telah berhasil melahirkan terobosan prakarsa terhadap Program Gorontalo Digital.

Terlebih di era industri 4.0 pemerintah dituntut untuk menghadirkan layanan publik yang lebih cepat, lebih mudah, transparan, dan akuntabel melalui penyediaan sarana dan prasarana digital secara daring atau melalui jaringan internet.

“Digitalisasi adalah satu keniscayaan. Ini karena apa? Karena kita berada di daerah globalisasi era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk era industri 4.0, dan era transformasi digital. Bapak Presiden mengatakan bahwa satu negara bisa eksis bukan tergantung pada kuat dan lemahnya tetapi tergantung pada kecepatan dan kelambanan aparaturnya karena itu jawabannya adalah digitalisasi,” kata Wagub.

Wagub menilai sejauh ini digitalisasi desa di Provinsi Gorontalo masih dilakukan secara secara parsial karena belum ada sistem atau mekanisme yang seragam, terukur, efektif, dan efisien mampu meminimalisir penggunaan anggaran daerah untuk menghadirkan layanan digital.

Menyadari kondisi tersebut, Pemprov Gorontalo melalui Dinas Kominfotik menggagas Program Gorontalo Digital untuk mendorong pemerintah kabupaten/kota hingga tingkat desa untuk mengembangkan aplikasi desa secara daring.

“Sekarang baru 22 desa/kelurahan yang menjadi lokasi proyek, ke depan lebih banyak lagi,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo Masran Rauf yang juga ketua tim penyelenggara program tersebut mengatakan untuk tahap awal akan diterapkan di 22 desa, tetapi selanjutnya akan menyasar kurang lebih 734 desa/kelurahan.

“Hari ini kegiatan kami kemas dalam bentuk gambaran bahwa inilah Gorontalo Digital. Kami akan lahirkan dua bagian sistem digital, yang pertama dalam bentuk website dan kedua adalah pelayanan aplikasinya,” kata Masran.

Turut hadir dalam acara itu Kepala Subdirektorat Wilayah IV Wawan Munawar Kholid mewakili Menteri Dalam Negeri, Ketua dan Anggota Komisi I DPRD, dan perwakilan kepala desa/lurah.

Program Gorontalo digital mendapat dukungan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022