Wisata Bukit Arang di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango masuk dalam 50 besar wisata terbaik nasional mewakili Provinsi Gorontalo dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan diikuti 3.419 desa wisata yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Dalam pelaksanaan penilaian ADWI 2022, Wisata Bukit Arang yang berada di Kecamatan Tilongkabila ini terus melangkah ke tahap selanjutnya mulai kurasi 500 besar, kurasi 300 besar, kurasi 100 besar dan terakhir kurasi 50 besar.

Bupati Bone Bolango, Hamim Pou di Gorontalo, Minggu, mengungkapkan dengan masuknya Wisata Bukit Arang sebagai 50 Desa Wisata di Indonesia, bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan minat wisatawan sekaligus momentum untuk terus melengkapi dan membenahi tempat wisata tersebut.

"Jauh sebelum Wisata Bukit Arang masuk dalam 50 Desa Wisata, kami Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah memberikan bonus kepada Kepala Desa Lonuo, Sahrun Yasin, yang telah berkomitmen ikut melestarikan dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada," ungkap Bupati Hamim Pou.

Sementara itu, di tempat terpisah Kepala Desa Lonuo, Sahrun Yasin, saat diwawancarai, mengaku bersyukur dengan terpilihnya Wisata Bukit Arang ke dalam 50 besar ADWI 2022.

"Alhamdulillah Wisata Bukit Arang mendapatkan anugerah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tentu kami Pemerintah Desa Lonuo merasa ini menjadi salah satu anugerah, bukan sekedar Anugerah Desa Wisata Indonesia, tetapi anugerah juga bagi kami pemerintah dan masyarakat di Desa Lonuo itu sendiri," ucap Sahrun.

Sahrun pun berharap kedepan, semoga dengan terpilihnya Wisata Bukit Arang masuk 50 besar ADWI 2022 berkat kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Bone Bolango maupun Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, ini akan selalu diperhatikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Insya Allah dengan ADWI ini kedepan kehadiran Wisata Bukit Arang ini akan semakin menambahkan tingkat perekonomian dan kesejahteraan Pemerintah Desa dan khususnya masyarakat di Desa Lonuo," harap Sahrun Yasin.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022