Politisi Golkar di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Hamzah Sidik menyatakan dukungannya terhadap pembentukan koalisi Indonesia Bersatu menuju Pemilihan Presiden tahun 2024.

"Bahkan sehari setelah koalisi ini disampaikan ke publik, kami di daerah langsung menindaklanjuti dengan melakukan pertemuan bersama pimpinan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kami pun berencana menggelar silaturahmi untuk tindak lanjut instruksi pimpinan partai politik terkait koalisi ini," katanya, di Gorontalo, Senin.

Menurutnya sebagai kader partai Golkar di daerah, koalisi yang digagas para pimpinan partai di tingkat pusat tersebut sangat perlu diapresiasi.

Apalagi koalisi tersebut menjadi pintu masuk terhadap ide dan gagasan untuk membangun Indonesia.

"Dengan membentuk koalisi jauh hari sebelum pelaksanaan Pemilihan Presiden maka akan mudah membentuk platform pembangunan. Selain itu akan ada kesempatan mengoreksi ketika masih ada kekurangan yang ditemukan," katanya.

Hamzah yang menjabat Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten tersebut menegaskan, sangat mengapresiasi keputusan yang sudah diambil para pimpinan partai politik di tingkat pusat.

Sebab pasti telah melalui hitung-hitungan yang matang. Apalagi kader partai di seluruh tingkatan baik nasional, regional, provinsi hingga kabupaten dapat memiliki waktu yang panjang melakukan konsolidasi.

Ia pun berharap koalisi di tingkat pusat dapat permanen berlaku di daerah baik untuk Pemilihan Gubernur, Wali Kota maupun Bupati.

Tokoh politik lainnya, Rahmat Lamaji selaku Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Gorontalo Utara, mengaku mendukung koalisi Indonesia Bersatu.

Namun selama ini diakuinya koalisi di tingkat pusat sering tidak terimplementasi dengan hajatan politik di daerah.

"Koalisi partai politik di pusat sering tidak sama hingga ke bawah. Contohnya koalisi PDIP dan NasDem yang hanya terjadi di pusat namun di daerah seperti di Sulawesi Utara, kedua partai tersebut malah saling berhadap-hadapan," katanya.

Bahkan di Gorontalo Utara, belum pernah terjadi koalisi antara PAN dan Golkar.

Sehingga pimpinan partai politik di pusat perlu membuat penegasan tertulis agar kesepakatan di tingkat pusat dapat terlaksana hingga ke daerah.

Kader PAN di daerah sangat mendukung koalisi Indonesia bersatu katanya pula, dengan harapan koalisi tersebut mampu melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa untuk Indonesia semakin maju, sejahtera dan berkeadilan.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022