Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, mengimbau warga di daerah itu untuk tetap memakai masker guna mencegah penularan COVID-19.

"Kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan baik di ruang tertutup maupun terbuka. Saya bahkan masih memakai masker dua lapis sebagai upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus COVID-19," kata Ketua DPRD Gorontalo Utara Deisy Sandra Maryana Datau di Gorontalo, Kamis.

Menurutnya, warga harus tetap mengenakan masker meski berada di ruang terbuka sebab virus bisa menjangkiti di mana saja dan kapan saja.

Bahkan tidak hanya kasus COVID-19, katanya, penularan penyakit TBC pun harus dicegah sebab tergolong berbahaya dengan tingkat penularan yang cepat.

"Sehingga penggunaan masker berfungsi banyak, tidak sekadar mencegah penularan COVID-19," katanya.

Deisy juga menyoroti tentang capaian realisasi vaksinasi COVID-19 di daerah itu.

Ia berharap, Dinas Kesehatan dapat lebih progresif melaksanakan kegiatan untuk mendorong cakupan vaksinasi agar kekebalan tubuh secara sempurna tercapai.

Data capaian vaksinasi COVID-19 untuk dosis penguat masih rendah, yakni 15,37 persen atau 13.155 sasaran.

Capaian vaksinasi dosis pertama mencapai 79,67 persen atau 89.982 sasaran dan dosis kedua mencapai 60,62 persen atau 68.470 sasaran. Total sasaran mencapai 112.941 orang tersebar di 11 kecamatan.

"Saya berharap, capaian tersebut terus meningkat signifikan. Dan Dinas Kesehatan perlu terus berinovasi untuk mendorong masyarakat yang belum divaksin agar segera divaksinasi lengkap," imbuhnya.

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022