General Motors dan Ford Motor telah meminta regulator keselamatan mobil Amerika Serikat memberikan pengecualian untuk menggunakan sejumlah kendaraan swakemudi tanpa kendali manusia seperti roda kemudi dan pedal rem.

Dikutip Reuters, Kamis, Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) pada Rabu (20/7) menerbitkan petisi terpisah dan membukanya untuk komentar publik selama 30 hari.

NHTSA memiliki wewenang memberikan petisi untuk mengizinkan sejumlah kendaraan beroperasi di jalan AS tanpa kontrol manusia yang diperlukan.

Kedua pembuat mobil ingin menyebarkan hingga 2.500 kendaraan per tahun, maksimum yang diizinkan berdasarkan undang-undang, untuk berbagi tumpangan dan layanan pengiriman.

Tidak ada yang meminta persetujuan untuk menjual kendaraan otonom kepada konsumen.

GM dan unit teknologi otonomnya Cruise pada bulan Februari mengungkapkan bahwa mereka mengajukan petisi kepada NHTSA untuk izin menggunakan kendaraan otonom tanpa roda kemudi, kaca spion, lampu sein, atau wiper kaca depan.

Petisi Ford, yang diajukan pada Juli 2021, sebelumnya tidak diungkapkan hingga publikasi NHTSA pada Rabu.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: GM, Ford berusaha agar AS setuju terapkan kendaraan tanpa roda kemudi

Pewarta: Fathur Rochman

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022