Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melakukan uji coba penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital bagi masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu.

Kepala Dinas Dukcapil Bone Bolango Oktavianus Rahman di Gorontalo, Rabu mengatakan, saat ini masyarakat sudah bisa mengakses maupun menggunakan KTP digital.

Kabupaten Bone Bolango merupakan salah satu dari 58 daerah di Indonesia yang mulai melakukan uji coba dan menerapkan KTP digital. Namun untuk menggunakan fasilitas KTP digital ini warga wajib memiliki ponsel berbasis android dan akses internet, untuk melakukan validasi data.

Oktavianus mengungkapkan, langkah pertama yang harus dilakukan setelah memiliki sarana dan prasarana penunjang adalah mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di playstore.

Selanjutnya memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), email, nomor telepon. Setelah itu melakukan swafoto dan registrasi. Kemudian, minta QR Code yang ada di Disdukcapil untuk disinkronkan.

"Nanti ada email aktivasi dan nomor PIN yang digunakan untuk login ke aplikasi identitas kependudukan digital. Setelah data kependudukan kita akan ditampilkan, bahkan sertifikat vaksinasi COVID-19, NPWP, tanda tangan elektronik, jumlah kendaraan yang kita miliki, dan berbagai data penunjang lainnya akan ditampilkan," ucap dia.

Oktavianus mengungkapkan, untuk uji coba penerapan KTP digital sudah dimulai dari para pimpinan OPD, dan saat ini sudah dibuka untuk ASN dan masyarakat umum.

"Untuk proses registrasi dan pembuatan KTP digital ini tidak sampai lima menit selesai," kata dia.

Oleh karena itu, Oktavianus berharap kepada masyarakat Bone Bolango agar mereka bisa datang ke Dinas Dukcapil Bone Bolango atau MPP Bone Bolango untuk uji coba KTP digital.

"KTP digital ini sangat bermanfaat, kemana-mana tinggal buka handphone, langsung kita tunjukkan data KTP bahkan untuk keamanan datanya sudah dijamin oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri RI," kata dia.
Sejumlah petugas melakukan pelayanan kependudukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu (27/7/2022). ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022