Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Provinsi Gorontalo menggelar Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) bagi 40 orang di Kelurahan Tilihuwa Kecamatan Limboto, untuk menekan angka pengangguran.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo Safwan Bano di Gorontalo, Ahad, mengatakan berbagai upaya dilakukan untuk memberikan ruang dan fasilitas kerja di berbagai perusahaan bagi masyarakat.

"Kegiatan ini melaksanakan beberapa pelatihan di antaranya, pelatihan operator, asistensi tata rias kecantikan dan menjahit pakaian dengan mesin," ucap Safwan.

Ia mengungkapkan program pelatihan itu dilaksanakan atas dukungan sumber dana APBN tahun anggaran 2022. "Ini merupakan tahap kedua dan diikuti 48 orang selama 30 hari," ujar dia.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengaku Pemerintah Kabupaten Gorontalo memiliki tiga program unggulan.

Pertama sumber daya manusia yang di dalamnya terdiri pendidikan dan kesehatan, kedua ekonomi terutama pertanian terpadu, koperasi dan UMKM dan ketiga transformasi birokrasi.

Menurut Nelson, untuk sumber daya manusia, tidak sekadar tingkat PAUD, SD,SMP dan SMA sampai perguruan tinggi, tetapi kompetensi karena ada yang lulusan SD namun memiliki keahlian maka profesional dan dia dibayar sehingga punya pendapatan.

"Karena salah satu visi kita adalah manusia yang tangguh yang bisa menyelesaikan masalah dan produktif, utamanya adalah sanggup menyelesaikan masalah dan produktif," beber Nelson.

Karenanya Melalui pelatihan ini peserta betul -betul menjadi orang tangguh,mandiri dan punya usaha sendiri.

Ia pun berharap Dinas Nakertrans untuk benar benar menganalisis kebutuhan lapangan kerja, supaya setelah kursus dapat menciptakan lapangan kerja sendiri atau mandiri.

"Pemerintah merekrut benar -benar orang tahu dan dilakukan secara terbuka. Setelah pelatihan dan kursus ada hasilnya. Karena itu Dinas Tenaga Kerja melakukan evaluasi terhadap mereka yang sudah diberikan pelatihan," kata dia.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022