Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Gamaria Purnamawati Monoarfa meminta para kader organisasi itu menyosialisasikan kepada para orang tua di daerah setempat tentang pentingnya imunisasi dasar lengkap bagi anak-anak supaya mereka terhindar dari berbagai penyakit.

“Dengan imunisasi kita akan melindungi buah hati kita dari berbagai macam penyakit, seperti difteri, polio, campak, tuberkulosis, sehingga anak bisa tumbuh sehat dan dapat tumbuh dengan maksimal,” kata dia pada Seminar Awal Imunisasi Lengkap Anak Sehat kerja sama antara TP PKK Provinsi Gorontalo, Dinas Kesehatan, dan BKKBN Gorontalo di Gorontalo, Senin (29/8).

Ia mengajak pengurus dan kader PKK di tingkat desa dan kelurahan untuk aktif menyosialisasikan pentingnya imunisasi tersebut kepada para orang tua di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Melalui peran aktif kader PKK, dia mengharapkan, dapat menggerakkan orang tua yang memiliki balita untuk membawa anak-anak mereka ke tempat pelayanan kesehatan terdekat guna mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

Ia menyebut pemberian imunisasi dasar lengkap pada balita sebagai kewajiban karena balita memiliki imunitas tubuh yang belum kuat.

Ia juga mengaku prihatin karena hingga saat ini masih banyak orang tua di daerah setempat mengabaikan pentingnya imunisasi dasar lengkap anak-anak mereka.

Menurut dia, perlu kerja keras bersama untuk meyakinkan setiap orang tua bahwa imunisasi dasar lengkap itu dapat mencegah anak-anak dari berbagai penyakit.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengimbau semua pihak dari tingkat provinsi, kabupaten, kota, hingga desa dan kelurahan untuk mengedukasi ibu-ibu yang memiliki anak kecil agar membawa anak-anak mereka ke tempat pelayanan kesehatan untuk memperoleh imunisasi.

“Sebab sejak dicanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada bulan Mei kemarin, belum terjadi pergerakan yang signifikan. Ini jadi tantangan kita semua,” ungkapnya.

Ia juga mengajak para pengurus PKK di daerah itu tetap semangat dan kreatif dalam mengampanyekan program imunisasi tersebut.

Seminar imunisasi itu, dihadiri antara lain Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perikanan, serta para kader posyandu Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Boalemo, dan Gorontalo Utara.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022