Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara, Hamzah Sidik, menyebut, Pancasila penting sebagai dasar negara.

"Setiap rakyat Indonesia, harus memahami bahwa Pancasila merupakan ideologi bangsa dalam bernegara. Sehingga mengenal Pancasila serta mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, merupakan bagian penting bagi rakyat dalam hidup bernegara," kata Hamzah, di Gorontalo, Sabtu.

Bagi dia, sebutnya, peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober tahun 2022 ini merupakan momentum penting dalam sejarah Indonesia khususnya di daerah itu.

Bahkan peringatan tersebut penting buat seluruh elemen bangsa Indonesia. Khususnya kaum muda dalam mengenang para pahlawan yang gugur dalam aksi G30S PKI pada 30 September 1965.

Sekaligus menegaskan bahwa pentingnya Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia.

Ia pun berharap, kaum muda saat ini, dapat menjadikan peringatan tersebut sebagai momentum untuk selalu terhubung dengan peristiwa lampau atau dalam bahasa Bung Karno "JAS MERAH".

Yaitu jangan sekalipun meninggalkan sejarah. Sebab sejarah merupakan bagian penting dalam sebuah peradaban.

"Kita semangat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam membangun daerah ini, menuju kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.***

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022