Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, memberikan penghargaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Gorontalo pada kegiatan BerAKHLAK Award di Gorontalo, Jumat.

BerAKHLAK Award diberikan kepada pemimpin dan agen perubahan terbaik di level pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Menpan mengatakan penghargaan itu menjadi momentum untuk berubah dari ASN yang berorientasi pemenuhan kebutuhan, menjadi ASN yang berorientasi pelayanan.

“Kami mendorong agar pelayanan birokrasi kita ke depan semakin bagus. Mudah-mudahan kami hadir di sini sebagai motivasi agar pak gubernur dan semua teman-teman bisa meningkatkan kinerja-nya,” katanya.

Mantan Bupati Banyuwangi itu memberikan masukan dan arahan kepada seluruh ASN di Provinsi Gorontalo, serta sengaja memilih daerah di luar Jawa untuk melihat reformasi birokrasi di tiap-tiap daerah.

“Birokrasi itu harus berdampak dan bisa dirasakan. Kadang kita ini sibuk tapi dampaknya tidak jelas, sibuk berkeringat tapi tidak bergerak, karena itu saya berharap teman-teman di Gorontalo mewujudkan berAKHLAK tadi menjadi budaya yang berdampak,” katanya.

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer mengatakan pihaknya terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan predikat RB dan SAKIP, yang saat ini masing-masing mencapai predikat B.

“Sejalan dengan arahan bapak Menpan RB, mari kita tanamkan dalam diri kita ASN Provinsi Gorontalo yang berAKHLAK, ASN yang bangga melayani bangsa,” ujarnya.

ASN yang meraih penghargaan sebagai pemimpin perubahan terbaik tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2022 adalah Risjon Sunge Kepala Dinas Kompredindag, Sofyan Ibrahim Kepala Badan Diklat, Jamal Nganro Kepala Dinas Perhubungan, dr. Yana Suleman Kepala Dinas Kesehatan, dan Bambang Trihandoko Kepala Kepala Dinas Penanaman Modal ESDM.

Selanjutnya tingkat Kabupaten Kota diberikan kepada Nirwan Utiarahman Kadis PUPR Bone Bolango, Irvan Saleh Kepala Bapppeda Pohuwato, Junaidi Kiay Demak Kadis Diskomperindag Kota Gorontalo dan Faisal Piu Kepala Bapppeda Gorontalo Utara, Darwin Romy Jahrain Pelaksana Tugas Kepala Badan Keuangan Kabupaten Gorontalo, serta Roswita Ismanto Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Boalemo.

Untuk pemenang dalam kategori agen perubahan terbaik tingkat Provinsi Gorontalo ialah Abdul Karim A. Rauf dari Dinas Perhubungan, Sofyan Adjara dari BPBD, Akbar Ali Madina dan Dr. Asrar Habibie dari Badan Diklat, serta Mohammad Qodratullah Muke dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menpan RB beri penghargaan ASN di Gorontalo

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022