Pemerintah Kabupaten Bone Bolango di Provinsi Gorontalo memanfaatkan Sistem Informasi Data Gender dan Anak (SIGA) untuk memperkuat program pelindungan perempuan dan anak. 

"Kita berharap dengan lahirnya aplikasi gender dan anak ini, maka program-program yang ditujukan kepada perempuan dan anak lebih terarah, karena datanya jelas," kata Wakil Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli di Gorontalo, Senin.

Merlan menjelaskan bahwa organisasi-organisasi perangkat daerah dapat memanfaatkan SIGA untuk memenuhi kebutuhan data yang valid dalam merancang program-program pemberdayaan perempuan dan pelindungan anak yang tepat sasaran.

Dinas Sosial Kabupaten Bone Bolango telah melakukan bimbingan teknis mengenai SIGA bagi organisasi perangkat daerah dan desa.

Merlan berharap setelah mengikuti bimbingan teknis perangkat daerah bisa memanfaatkan SIGA untuk merancang program-program pemberdayaan perempuan dan pelindungan anak yang lebih baik.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Bone Bolango Lukman A. Daud mengatakan bahwa semua organisasi perangkat daerah dapat mengakses data dalam aplikasi SIGA.

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Oktavianita Helingo, organisasi perangkat daerah dapat memanfaatkan data dan informasi dalam aplikasi tersebut dalam perencanaan, pemantauan, dan evaluasi program pemberdayaan perempuan dan pelindungan anak.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022