Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, mendorong peningkatan kapasitas lembaga desa.

Pejabat Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ulin Mohune, di Gorontalo, Jumat mengatakan peningkatan kapasitas lembaga desa, sangat berperan dalam meningkatkan potensi yang dimiliki desa.

Seperti, ketertarikan warga di daerah itu sebagai pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Mokonowu, Kecamatan Monano, yang menggelar peningkatan kapasitas lembaga desa, untuk memaksimalkan peran lembaga desa dalam mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDG's).

Termasuk dalam memajukan Bumdes sebagai motor penggerak perekonomian di desa.

Jika seluruh masyarakat desa, termasuk perangkat dan lembaga yang ada di desa memahami tentang peran penting Bumdes, kata Ulin, maka setiap sumber daya di desa nonperangkat desa, BPD, TNI dan Polri, tentu akan mudah berminat atau tertarik menjadi pengelola.

Sehingga penguatan kapasitas kelembagaan desa sangat penting dilakukan.

"Agar seluruh masyarakat di desa menjadi pendorong dan secara bersama-sama memiliki komitmen untuk memajukan perekonomian melalui Bumdes memanfaatkan potensi desa yang dimiliki," katanya.

Bumdes pun perlu didukung dengan penguatan anggaran, kemampuan pengelola, kesiapan sarana dan prasarana.

Dan yang terpenting kata Ulin, adalah mendorong ketertarikan masyarakat untuk menjadi pengurus Bumdes.

Di daerah itu kata Ulin, 123 desa tersebar di 11 kecamatan telah memiliki Bumdes.

Bahkan di setiap kecamatan, telah memiliki Bumdes Bersama (Bumdesma) transformasi. Serta 1 Bumdesma Kawasan Saronde.

"Pemkab terus mendorong pengelolaan Bumdes sehat dan mandiri, sehingga mampu meningkatkan perekonomian desa untuk kesejahteraan masyarakat," kata perempuan berjilbab ini.***
Pejabat Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Gorontalo Utara, Ulin Mohune, dalam peningkatan kapasitas lembaga desa Pemerintah Desa Mokonowu, Kecamatan Monano. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022