Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) mengembangkan pariwisata dan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di objek wisata Torosiaje, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Gorontalo Ridwan Nurjamal di Gorontalo, Kamis, mengatakan pada 2021, pihaknya memberikan bantuan berupa lapak UMKM kepada Kelompok Wisata Terapung Torosiaje.

Pemberian bantuan tersebut adalah bagian dari program "Dedikasi Untuk Negeri" yang merupakan aksi kepedulian sosial Bank Indonesia kepada masyarakat.

"Khususnya saat ini dalam mendukung pemerintah dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui pemberdayaan dan peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat," ucap Ridwan.

Ia menjelaskan lapak UMKM terapung di Desa Torosiaje menggunakan anggaran PSBI.

PSBI adalah program sosial yang dilakukan secara sistematis dan terencana melalui aktivitas pemberdayaan masyarakat dan kepedulian sosial, yang bertujuan untuk mendukung efektivitas kebijakan, komunikasi dengan masyarakat, kepedulian sosial dan aktivitas pemberdayaan masyarakat.

"PSBI memiliki banyak ruang lingkup, khusus untuk lapak UMKM di Torosiaje itu masuk dalam ruang lingkup Penguatan pariwisata dan Pemberdayaan UMKM Subsistem," kata dia.

KPw Bank Indonesia Provinsi Gorontalo memberikan lapak tersebut dengan tujuan penambahan atraksi dan amenitas sebagai penunjang pariwisata dan untuk memberikan tempat usaha yang layak untuk UMKM-UMKM yang ada di Torosiaje.

Ridwan mengatakan Torosiaje dipilih karena Kabupaten Pohuwato merupakan salah satu wilayah di Gorontalo yang memiliki banyak keindahan alam pulau dan pantai yang menawan.

"Termasuk, Desa Torosiaje yang terapung yang unik dan belum kami jumpai di tempat lain," ujarnya.

Keunikan tersebut dibarengi dengan beberapa kuliner yang tidak dapat ditemukan di tempat lain, menjadikan Desa Torosiaje yang yang apabila dibina dengan baik, dapat menjadi destinasi wisata favorit baru bagi wisatawan.

KPw BI Provinsi Gorontalo dalam rangka mengimplementasikan program PSBI telah melakukan survei asesmen kelayakan serta analisa kebutuhan di beberapa destinasi wisata unggulan di seluruh wilayah Gorontalo.

"Program kami mendapat dukungan dari DPR, pemerintah pusat dan Pemerintah Kabupaten Pohuwato dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Pohuwato," ujarnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2022