Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, resmi melantik 369 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024.

Pelantikan berlangsung di halaman kantor KPU setempat, pada Selasa (24/1), dilakukan langsung Ketua KPU KabupatenMunawir Ismail, serta dihadiri Bupati Gorontalo Utara dan jajaran organisasi perangkat daerah terkait.

Selain itu hadir Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadlyanto Koem, Ketua Bawaslu Gorontalo, Lius Ahmad, unsur Forkopimda, dan para anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Munawir mengatakan 369 anggota PPS tersebut tersebar di 123 desa di 11 kecamatan.

"Tugas PPS tidak ringan, sebab mereka berada di garda terdepan untuk suksesnya pelaksanaan pemilu khususnya di daerah ini," katanya.

Sehingga PPS tangguh, profesional dan cekatan dipilih melalui proses yang sama dengan yang dilalui dalam pemilihan anggota PPK.

"Saya yakin, mereka yang terpilih mampu bekerja profesional, menjaga integritas, serta bahagia melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam seluruh tahapan pemilu," katanya pula.

Usai dilantik, para anggota PPS akan membentuk formasi di setiap wilayah atau desa tempat bertugas, untuk mempercepat pembentukan sekretariat.

"Selambat-lambatnya 7 hari setelah proses pelantikan, sekretariat tersebut telah dibentuk," kata Munawir.

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji, disertai dengan penandatanganan pakta integritas oleh para anggota PPS tanpa terkecuali.

Pelantikan tersebut juga disertai apel kesiapsiagaan yang dipimpin langsung Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu.***
Ketua KPU Gorontalo Utara, Munawir Ismail, melantik 369 anggota PPS untuk Pemilu Serentak Tahun 2024, berlangsung di halaman kantor KPU setempat, Desa Bulalo, Kecamatan Kwandang, pada Selasa (24 Januari 2023). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023