Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pohuwato, UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo dibekali kemahiran untuk mengolah sabut kelapa menjadi cocofiber, cocopeat hingga kerajinan tangan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Pohuwato Irman Jaya di Gorontalo, Jumat, mengatakan pada 2019 Lapas Pohuwato dikenal sebagai Lapas industri yang menghasilkan cocofiber dan cocopeat.

"Walaupun kini sudah bukan Lapas industri, tapi program pembinaan keterampilan bagi warga binaan pemasyarakatan terus dilakukan," ucap dia.

Bahan baku yang diolah oleh penghuni Lapas Pohuwato yaitu cocofiber yang menjadi bahan untuk jok mobil, kasur dan kerajinan tangan. serta cocopeat yaitu media tanam yang memiliki daya serap air yang cukup tinggi dan dapat menyimpan air dalam jumlah yang banyak.

"Bahan dari cocofiber dan cocopeat ini untuk di Lapas kita olah menjadi lukisan pot bunga, kotak tisu, dan pernak-pernik serta hiasan lainnya," kata Irman.

Irman Jaya menjelaskan bahwa Lapas Pohuwato memberikan kesempatan yang cukup luas bagi warga binaan untuk lebih kreatif dan berinovasi dalam memanfaatkan fasilitas sarana produksi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi.

"Alhamdulillah sudah ada terjual tapi melalui kita mengikuti pameran pameran yang dilaksanakan oleh baik Pemda Pohuwato sendiri maupun Provinsi Gorontalo," beber dia.

Pameran di luar daerah pun dilakukan oleh Lapas Pohuwato, salah satunya di daerah Bolaangmongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara.

"Kita diundang untuk melaksanakan pameran disana, Alhamdulillah hasil karya napi Lapas Pohuwato sudah diketahui oleh masyarakat luar," ungkap Kalapas.

Irman mengatakan, saat warga binaan kembali ke tengah masyarakat, mereka punya bekal pengetahuan dan mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat selama di dalam lapas.

Ia pun berharap program pembinaan keterampilan dan kemandirian bagi warga binaan dapat mengubah kebiasaan mereka untuk menjadi lebih baik dan produktif.
 
Sejumlah warga binaan pemasyarakatan memindahkan cocopeat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pohuwato, UPT Kanwil Kemenkumham Gorontalo di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, Kamis (16/2/2023). Lapas Kelas IIB Pohuwato memproduksi serbuk dan sabut kelapa yang jadikan bahan jok mobil, kasur, media tanam dan kerajinan tangan. ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023