Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menyatakan siap menjalankan arahan Presiden Joko Widodo pada rapat kerja nasional (Rakernas) asosiasi pemerintah provinsi seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis.

Sejumlah arahan disampaikan Presiden RI Joko Widodo yaitu meminta semua pihak harus mempermudah izin usaha, termasuk izin gelaran gelaran acara olahraga yang mengundang banyak peserta.

Hal itu sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Gorontalo yang akan menggelar acara olahraga internasional di Gorontalo yakni Asian Minifootball dan Asian Sepaktakraw.

"Menyangkut perizinan olahraga tentu ini jadi angin segar buat kita di daerah apalagi dalam waktu dekat kira akan menggelar Asian Minifootball. Nanti kami akan berkoordinasi dengan Pak Kapolda, Danrem dan unsur Forkopimda lainnya," ucap Hamka.

Peningkatan industri pariwisata dan ekonomi kreatif juga terus dilaksanakan di daerah. Selain pembenahan infrastruktur pariwisata dan penguatan sumber daya manusia, Pemprov juga memaksimalkan promosi salah satunya melalui Indonesia Fashion Week 2023.

"Kemarin IFW 2023 sudah dibuka dan berlangsung sampai tanggal 26 Februari. Kami bersama Dekranasda mendorong dan menjadikan karawo sebagai pengisi acara utama. Saya kira ini bagian dari upaya promosi sesuai arahan Bapak Presiden," pungkas nya.

Pada kegiatan APPSI itu, Presiden mengatakan kecepatan dalam memberi izin masih kurang, untuk itu ia memerintahkan Kapolri izin itu harus sebulan sebelumnya sudah keluar. Daerah tinggal mempromosikan acaranya.

Hal lain yang menjadi penekanan Jokowi menyangkut pemberdayaan potensi desa. Ia meminta desa desa yang punya destinasi wisata potensial dibuka untuk umum.

"Kemudahan juga yang berkaitan dengan wisata desa, wisata daerah. Itu juga buka. Jangan ada yang ngerem soal itu. Perbaiki dan promosikan wisata agar masyarakat datang ke tempat itu untuk membelanjakan uang nya," kata Jokowi.

Terkait dengan pengelolaan keuangan, kepala daerah didorong untuk membelanjakan APBD sebanyak banyaknya dan sebaik baiknya. Belanja pemerintah diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023