Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango mengukur tinggi dan berat badan anak guna mendeteksi dan mencegah tengkes (stunting) di Desa Tunggulo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Meyrin Kadir di Gorontalo, Ahad, menjelaskan kegiatan itu dilakukan sesuai dengan arahan Bupati Hamim Pou yang memerintahkan dinas terkait untuk turun lapangan mencegah dan menekan angka tengkes.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur tinggi dan berat badan anak-anak yang ada di Desa Tunggulo untuk mengukur kembali data stunting yang ada di Bone Bolango," jelas dr. Meyrin.

Ia menuturkan selain pengukuran tinggi dan berat badan, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemberian makanan tambahan dan imunisasi kepada ibu hamil dan anak-anak.

"Dari 40 anak yang ada di Tunggulo, semua kita lakukan pengukuran baik tinggi, berat badan,kemudian kita berikan makanan tambahan dan imunisasi," tuturnya.

Berdasarkan hasil pengukuran kali ini, dr Meyrin mengungkapkan data tengkes yang ada di Desa Tunggulo mengalami penurunan dari data sebelumnya.

“Dari data sebelumnya ada 17 orang yang ada di sini, Alhamdulillah sudah ada penurunan," beber dia.

Kepala Dinas Kesehatan mengaku, kegiatan gelar ukur, imunisasi dan pemberian makanan tambahan itu akan diadakan di seluruh wilayah Kabupaten Bone Bolango, sampai semua anak yang berusia di bawah lima tahun terukur.

"Kegiatan ini melibatkan semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Bone Bolango. Semua anak di Bone Bolango yang berusia lima tahun ke bawah harus kita ukur semua," pungkas dia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bone Bolango ukur tinggi dan berat anak deteksi tengkes

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023