Gorontalo,  (ANTARA GORONTALO) - Bupati Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Hamim Pou mengharapkan angka kemiskinan di daerah itu untuk lima tahun ke depan, bisa ditekan hingga di bawah 10 persen.

"Dalam kepemimpinan saya dengan pak wabup Kilat Wartabone, prioritas kami bisa menekan angka kemiskinan sekecil mungkin," kata Hamim, Sabtu.

Hamim-Kilat yang baru dilantik sebagai bupati-wabup Bone Bolango pada 17 Februari 2016 itu, mengakui bahwa data dari Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan saat ini berada di sekitar 16,06 persen.

Bahkan kepala daerah petahana itu mengakui selama lima tahun kepemimpinan sebelumnya, cukup berhasil dalam menekan angka kemiskinan dengan berbagai program-program pembangunan dan pemberdayaan ekonomi.

"Kita harus mengejar prosentase kemiskinan secara nasional, dalam lima tahun ke depan prosentasenya sudah di bawah 10 persen," ujarnya.

Ada empat program utama yang diyakini bisa efektif dalam menekan angka kemiskinan di daerah itu, yakni memantapkan sektor pendidikan, sektor kesehatan, sektor infrastruktur dasar dan pelayanan publik.

Kabupaten Bone Bolango sebagai daerah agraris masih mengandalkan sektor pertanian sebagai ujung tombak dalam pemberdayaan ekonomi, kemudian ditambah lagi dengan sektor perikanan kelautan, peternakan dan sebagainya.

Sementara sasaran lain yang diupayakan Pemkab Bone Bolango untuk menjadikan daerah itu sebagai destinasi wisata yang baru di Gorontalo, guna menggerakkan perekonomian warga.

"Jika sektor pariwisata di Bone Bolango terbuka luas, maka warga juga akan memanfaatkan keuntungan dengan menciptakan terobosan memasarkan berbagai hasil-hasil usahanya," jelasnya.

Pewarta:

Editor : Hence Paat


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2016