Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer meminta dukungan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk melaksanakan dua ajang internasional yang akan digelar di Provinsi Gorontalo.

"Iven-iven ini membutuhkan sarana prasarana, baik dari transportasi maupun hotel," ucap Hamka Hendra Noer seusai rapat virtual bersama Menteri Perhubungan dari Kantor Gubernur di Gorontalo, Rabu.

Dalam rapat tersebut secara langsung Hamka menyampaikan bahwa Provinsi Gorontalo akan menyelenggarakan dua ajang internasional, yaitu Asian Minifootball Championship dan Asian Sepak Takraw Championship, serta satu iven nasional Peringatan Hari Olahraga Nasional di mana Gorontalo sebagai tuan rumah.

"Kita diskusi dengan Pak Menhub, mengusulkan untuk bantuan bus oleh Kementerian Perhubungan untuk seluruh rangkaian kegiatan. Kita juga mengusulkan dukungan penambahan maskapai dan penerbangan, rute Jakarta Makassar Gorontalo. Dan kita ingin dibuka kembali layanan penerbangan rute Gorontalo Manado Palu, pulang pergi," jelas Hamka.

Ia menjelaskan, penyelenggaraan Asian Minifootball Championship akan digelar pada tanggal 9 sampai 17 Agustus 2023. Untuk peringatan Hari Olahraga Nasional dilaksanakan pada bulan September 2023. Dan Asian Sepak Takraw Championship dilaksanakan pada bulan Desember 2023.

"Intinya semua agenda besar itu didukung penuh oleh Pak Menteri Perhubungan dan beliau menyarankan setelah pertemuan ini, segera bentuk tim kecil sebagai tindak lanjut. Segera akan kita siapkan tim, nanti juga kita akan bertemu langsung dengan pak Menhub. Kita sangat berharap iven olahraga ini sukses, karena keuntungannya akan menambah penguatan ekonomi di daerah," ujarnya

Ketiga iven besar tersebut direncanakan akan di buka langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pewarta: Adiwinata Solihin

Editor : Debby H. Mano


COPYRIGHT © ANTARA News Gorontalo 2023